Monday, October 23, 2017

9 Tips Makeup Shopping Irit Ala Zizah

tips-make-up-irit-ala-zizah

Hello everyone welcome back to my blog..
Pasti kalian sring belanja dengan harga yang lumayan fantastis kan. Apalagi setiap kalian mempunyai uang berlebih pasti semuanya ingin kalian beli. Sama seperti aku awal bekerja sebagai SPG (Sales Promotion Girl) setiap bulan pasti selalu dapat gaji walaupun nggak seberapa, dan uang tersebut aku pakai buat belanja makeup dengan budget kira - kira 700.000 sampai ibuku bilang aku orangnya boros dan nggak bisa memanage uang dengan sebaik mungkin.

Saat aku pergi ke mall mampirlah ke counter atau toko kosmetik. Biasanya aku selalu melihat - lihat seperti lip cream, lipstick, lipgloss dengan beberapa warna shade yang cocok untuk dipakai sehari - hari. Khususnya untuk kerja dan hang out  bersama teman - teman. Pas aku ingin membeli makeup seperti BB Cream, foundation, lipcream matte memang dari kualitas bisa dibilang bagus tetapi isi dompet yang pas - pasan akhirnya aku hanya melihat - lihat aja dan nggak jadi beli karena nggak punya uang.

Kemudian aku mulai berfikir panjang gaji setiap bulan hanya mendapatkan 1.600.000 atau dibawah 1 juta kalau setiap bulan belanja makeup, skincare, bodycare, dan haircare secara berlarut - larut gimana mau menabung untuk masa depan nanti. Belum lagi berbagi kepada orang yang membutuhkan, sedekah supaya menjadikan hidup lebih berkah, keperluan lain contohnya untuk beli makan sehari - hari, beli bensin, harus service motor setiap bulanmenjahit pakaian, membeli pulsa dan kuota, bahkan untuk biaya hidup setelah menikah nanti atau yang lagi merantau harus hidup mandiri itupun harus berfikir kedepannya.

Dan alhamdulillah aku udah jarang belanja makeup  kecuali disaat alat makeup nya udah habis baru bisa membelinya kembali. Untuk kali ini aku akan share ke kalian mengenai tips makeup irit supaya nggak boros dan uang nggak bakal habis. Penasaran penjelasan detailnya seperti apa. Just keep for reading.
Berikut ini ada beberapa tips yang wajib kalian ketahui khususnya para ladies yang ingin belanja makeup

Kenali jenis kulit dan warna kulit
Baik itu makeup maupun skincare pasti identik dengan warna dan jenis kulit yang berbeda - beda. Pastikan kalian teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk belanja makeup dan jangan lupa juga baca review - review dari para beauty blogger / vlogger. Apakah sesuai dengan warna dan jenis kulit kalian? Kalau udah beli produk makeup dan skincare  mahal - mahal tetapi ternyata nggak cocok itu namanya kalian membuang - buang uang secara percuma. Lebih baik kalian baca terlebih dahulu review dan kegunaannya supaya pada saat kalian mau membeli makeup dan skincare nggak bingung lagi dan nggak perlu tanya – tanya dengan BA (Beauty Advisor) nya.

      Sesuaikan budget masing - masing
Coba kalian pikir, apa kegiatan kalian sehari - hari? Bekerja sebagai SPG yang wajib memakai full makeup yang setiap weekdays dan weekend harus masuk kerja dan libur dihari biasa, juga sistem kerjanya menggunakan shift mulai dari masuk pagi hingga pulang sore dan masuk siang hingga pulang malam apalagi lembur dihari besar. Belum lagi kalau makeup kalian luntur karena sering bolak - balik ambil barang dan nyusun barang, wudhu, makan dan minum sekalipun. Buatlah list kira - kira makeup apa yang cocok bagi yang bekerja setiap hari sebagai SPG, warna apa aja yang sesuai untuk SPG dan hangout? Dengan kalian membuat list ini kalian bisa mencari produk yang dibutuhkan dan bukan yang kalian mau.
    
          Catatlah batasan budget
Kalau kalian memang benar - benar ingin belanja makeup dalam sebulan, atur budget kalian semaksimal mungkin untuk belanja makeup. Coba kalian pisahkan uang kalian untuk belanja makeup, kebutuhan sehari - hari, dan uang tabungan. Hitung aja berapa gaji kalian setiap bulan? Contoh aku tinggal dikota Bengkulu dan aku mendapatkan gaji 1.600.000 setiap bulan, yang harus kalian sisihkan adalah kumpulkan uang untuk membeli makeup maksimal 200.000 - 300.000 setiap bulannya. Kalian bisa juga menabung dengan menggunakan kaleng biskuit, toples, celengan, atau membuat rekening khusus supaya uang tabungan, uang makan dan bensin, serta uang untuk keperluan mendesak nggak kecampur.
  
    Carilah produk yang original
Sering kali kalian selalu belanja makeup di online shop dan toko kosmetik yang dijual dipasar kan. Kalian pasti masih bingung produk apa yang harganya terjangkau tapi kualitasnya bagus dan sesuai dengan isi dompet. Jujur aja aku masih belum bisa membedakan antara produk asli dan palsu (fake). Biasanya kalau harga produk makeup yang kualitasnya oke dan long lasting harganya mahal banget dan susah dicari di online shop dan counter yang berada dikota terpencil juga brand nya sedikit. Setiap aku melihat produk yang dijual dengan harga lebih murah juga tanpa brand biasanya orang yang paling banyak diminati buat beli makeup tanpa mengetahui fungsi dan tanggal expired terlebih dahulu. Aku sendiri sekarang masih takut untuk membeli produk dengan kualitas yang kurang bagus. Daripada membeli produk KW  tapi merusak kulit wajah lebih baik aku membeli produk lokal dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus.
    
    Carilah produk yang multifungsi
Produk multifungsi ini bisa dikombinasikan dengan produk dan alat makeup Dengan satu produk kalian bisa menggunakan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya produk makeup pallete yang isinya bermacam - macam seperti eyeshadow pallete, lip pallete, blending brush, beauty blender, dan masih banyak lagi. Untuk beauty blender bisa kalian gunakan untuk meratakan foundation atau BB Cream, meratakan concealer, sebagai baking untuk mengeset bedak tabur sebelum menggunakan bedak padat, untuk blending brush nya sendiri bisa kalian gunakan sebagai shading hidung, meratakan eyeshadow, dan masih banyak lagi, untuk eyebrow brush sendiri bisa kalian gunakan untuk mewarnai alis, meratakan concealer dibagian atas dan bawah alis yang masih berantakan, dan bisa juga digunakan sebagai eyeliner gel. Dibandingkan kalian membeli brush satuan atau membeli produk satuan lebih baik kalian membeli brush set dan makeup pallete supaya lebih hemat.
    
     Bandingkan harga
Kalian nggak perlu ragu untuk membandingkan harga sebelum membeli produk yang kalian inginkan. Bisa dengan survey terlebih dahulu ke berbagai tempat baik itu toko online maupun offline, setelah menemukan harga yang paling murah dan good service baru bisa mulai beli. Walaupun harganya murah  bukan berarti produk yang dijual tersebut palsu (imitation). Carilah toko online yang telah dipercaya oleh konsumen serta terdapat testimoni.
   
          Belanja saat promo/diskon dan gunakan kode voucher

tips-make-up-irit-ala-zizah-2

Jangan malu untuk bertanya kepada BA (Beauty Advisor) atau ownernya langsung. Ingat malu bertanya sesat dijalan. Kalian bisa tanyakan mba masih ada promo nggak? atau mba promonya berlaku sampai kapan? Biasanya nih si mba mba BA nya selalu ngomong kurang tahu atau masih ragu untuk menjelaskan secara detail kepada konsumen. Ada pula BA yang super duper judes dan memandang kita seperti orang minta - minta. Abaikan aja si mba BA judes itu dengan adanya diskon membantu penghematan uang. Untuk belanja online kalian bisa cari voucher, biasanya para beauty blogger/vlogger punya kerjasama dengan beberapa e-commerce gunakan aja vouchernya. Blogger untung, kalian untung, e-commerce nya juga untung pastinya. Jangan lupa juga gunakan voucher belanja yang ada di sociolla.com untuk dapatkan potongan. Lumayan kan.
    
     Ikutan giveaway

tips-make-up-irit-ala-zizah-3
Source: instagram @roxys_choice

Ini yang selalu kalian lihat di instagram kan, aku pun langsung terapkan di instagram aku yang pengin banget mendapatkan produk secara gratis. Dengan cara ini kalian menjadi lebih hemat uang dan nggak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Caranya kalian bisa ikuti kuis yang diadakan beauty blogger atau langsung dari brand produk makeup ternama, biasanya mereka memberikan hadiah yang cukup banyak terutama untuk kita yang pendapatannya pas - pasan atau jarang dapat rezeki yang berlimpah sampai dapat banyak produk makeup yang nilainya bisa mencapai jutaan. It’s amazing.

Untuk produk gratisan ini membuat aku menjadi lebih semangat untuk review daripada produk yang aku beli dengan hasil keringat sendiri. Jujur produk yang aku beli sebagian udah pakai setengah atau mau habis baru dibahas atau belum dibuka sama sekali saat beberapa bulan yang lalu aku membeli produk makeup. Sedangkan yang produk gratisan jadi pengin cepat - cepat mencoba pakai beberapa minggu dan langsung di review.
   
      Menjadi Beauty Blogger
Tips yang terakhir untuk menjadi seorang beauty blogger yang sukses itu dibutuhkan kerja keras dan prosesnya butuh waktu sampai beberapa tahun. Bagi beauty blogger yang tinggal dikota - kota besar akan lebih mudah untuk mendapat keuntungan banyaknya acara yang diadakan oleh brand maupun komunitas. Dari acara tersebut biasanya para beauty blogger akan mendapatkan goodie bag yang berisikan banyak produk makeup atau skincare terutama bagi brand yang meluncurkan sehingga mereka membutuhkan peran beauty blogger untuk merevie\w serta mempromosikan produk - produknya.

Hal ini sangat menguntungkan kalau produk yang kita dapat memang dari brand favorite kita agar kita nggak perlu keluarkan uang banyak untuk membeli produk – produknya.

Itu dia tadi tips dari aku setiap orang mempunyai pandangan masing - masing soal hemat. Karena hemat itu melatih kita supaya lebih disiplin dalam memanage uang. Memiliki banyak produk yang tak terpakai itu ternyata nggak baik juga lho. Kita punya tanggung jawab masing - masing. Dalam agama aku termasuk mubazir dan dosa juga.

Bolehlah kalian bergaya asalkan sesuai dengan kemampuan kalian. Pintar - pintarlah dalam menggunakan uang. Sekarang aja aku susah banget ngatur uang untuk makan dan beli bensin. Bagaimana tips makeup shopping ala kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya untuk memberikan pendapat ataupun tanggapan dari kalian. I’ll see you guys on my next posting. Bye bye

24 comments:

  1. Gaji 1.600.000 belanja kosmetik sampai 700.000 berarti hampir 50% ya. Ш (‾ⓞ‾) Ш ··• (⊙∆⊙)❗ benar-benar berani pake uangnya mbak.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya aku ikutan give away aja kak :D

    ReplyDelete
  3. Aku pernah beberapa kali menang giveaway berhadiah kosmetik, membantu banget lah. Kalo beli kan lumayan habis 300 ribuan juga. Tapi sekarang juga untungnya banyak produk lokal yang bagus, harganya terjangkau, kualitas oke punya. :D

    ReplyDelete
  4. Wah kosmetik, untuk cowok gak ada gitu

    ReplyDelete
  5. Wow bermanfaat sekali tipsnya. Kalau masih tahap coba2 memang kadang boros di awal ya. Tapi kalau udah nemu yg cocok, sebaiknya memang menahan diri ya utk kebanyakan nyoba2 lg :)

    ReplyDelete
  6. Sayangnya aku kurang suka besolek, make up dan segala tetekbengeknya..

    ReplyDelete
  7. Perempuan itu emang identik dengan cantik ya kak, klo sudah ngobrol soal cantik pasti bawaannya bahas kosmetik, minimal bedak lah ya. Hee

    Buat mayoritas perempuan, kosmetik atwpun hanya bedK itu sdh menjadi kebutuhan.

    Memenuhi kebtuhan ya mesti tau ilmunya juga ya kak, nice infonya kak.

    ReplyDelete
  8. Buatku malah cukup pake bedak Marcks aja sama liptint hihi ^^

    ReplyDelete
  9. banyak banget koleksi make upnya de.. mba gak bisa make up. make up-in dong haha

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat terutama untuk orang yang kalap beli makeup kaya aku hihihi......makeup lokal juga banyak yaa yg harganya g terlalu mahal tapi kualitasnya cukup bagus.
    Ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Nice infonya mbak..memang wanita perlu bersolek apalagi ikut acara dll.

    ReplyDelete
  12. yang paling pentin gitu budget, pastikan budget kita cukup hehe

    ReplyDelete
  13. Belanja makeup nggak akan ada habisnya :D Satu-satunya cara yang ngerem nafsu belanja dan mulai realistis sama kebutuhan hehe

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Kalau aku sih kalo belanja kosmetik lumayan dikit dan nggak ribet. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  17. waah tips nya perlu di coba nih, aku juga termasuk orang yang sangt bros dalam membeli kosmetik hhe

    ReplyDelete
  18. aku sih gx suka pakai kosmetik..soalnya aku pria tangguh...:) salam kenal azizah..wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Keren nih mbk... Anakku yg cewek suka bngt ngikutin tutorial make up...
    https://imasithoh80.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Klo saya sih beli yang butuh aja hehhee

    ReplyDelete

Terima kasih yang sudah berkomentar di blog aku. Berkat kalian semua aku menjadi lebih semangat untuk menulis konten. Mohon tidak melakukan komentar negatif, SPAM, SARA, promosi, jualan, dan mengaktifkan link hidup. Jika melakukannya otomatis komentar nya tidak akan saya publish..