Saturday, September 30, 2017

Minum Secangkir Kopi Robusta khas Kopi Gading Cempaka

Saya jarang sekali yang namanya minum kopi apapun kecuali dicampur dengan susu atau gula karena satu keluarga tidak ada satupun yang minum kopi hanya dengan minum teh, madu, dan susu. Biasanya Ibu saya suka minum kopi tetapi yang berbagai rasa seperti cappuccino, moccacinno, kopi susu, kopi arabica, dan berbagai jenis kopi lainnya.

Setiap menjamu tamu disaat sedang berkumpul dengan saudara sepupu terutama paman saya yang gemar sekali minum secangkir kopi sambil merokok. Acara hajatan seperti khitanan, pernikahan, pengajian, dan arisan pun pasti ada bapak - bapak yang selalu minum kopi sembari duduk santai diruang tamu, teras, bahkan baca koran supaya tidak ngantuk pada saat beraktivitas seharian.

Sekitar dua minggu yang lalu saya dan teman - teman dari Blogger Bengkulu mengikuti acara Kelas Blogger 2 kita semua mencicipi kopi robusta dari Kop Gading Cempaka satu per satu. Pertama kali saya mencicipi kopi tersebut rasanya memang beda dari kopi pada umumnya. Namun awal meminum kopi berasa pahit sekali setelah dibarengin dengan kue dan biskuit lama - kelamaan rasanya semakin enak dan nikmat pastinya.

secangkir-kopi-gading-cempaka

Ini benar - benar sulit dipercaya kenapa kopi ini rasa keasliannya beda dari biasanya. Pas keesokan harinya aku mencicipi kembali dicamprkan dengan susu kental manis dan tidak bisa membayangkan se detail mungkin apa perbedaan Kopi Gading Cempaka dengan kopi yang dijual satu renceng yanng muncul di berbagai tempat seperti supermarket, 
minimarket, dan toko - toko kecil.

Saya suruh adik untuk mencicipi kopi robusta khas Bengkulu ini. Pas saya tanyakan “Bagaimana Fito (adik) setelah minum kopi, rasanya enak tidak? Lalu ia menjawab dengan menatap kertas dan laptop dan dia bilang “enak sekali kopinya” dia tidak menoleh ke saya. Karena jadwal kuliah adik yang sangat padat dan pulangnya larut malam jadi matanya pun sudah mulai lelah dan ngantuk.

Jadi kesimpulannya saya dan adik hanya minum secangkir kopi dan kopinya masih utuh juga rasa dan aroma dari kopi ini benar - benar khas. Hanya dengan minum secangkir kopi dari Kopi Gading Cempaka aroma kopinya pas.

Kopi Robusta boleh tersebar luas, tapi untuk rasa dan aromanya kopi robusta Bengkulu yang paling enak dan paling beda. Terbuat dari biji kopi pilihan yang dipetik matang dengan berwarna merah dan diproses dengan teliti juga perawatan yang turun temurun. Itulah sensasi kopi robusta khas Bengkulu.

secangkir-kopi-gading-cempaka2
Source: www.kopigadingcempaka.com

Pemilihan kopinya tidak sembarangan lho teman - teman, Kopi Gading Cempaka ini memiliki nama dari tutur kata yang belum tercatat dengan sejarah filosofi kopi. Berawal dari kisah para penjajah ketagihan disebabkan karena mencium aroma bubuk kopi yang khas.

Bukan hanya penjajah saja yang pecinta kopi pedagang dan masyarakat luas pun gemar sekali minum secangkir kopi disaat jam istirahat. Hasil perkebunan kopi dari perkebunan rakyat Aur Gading yang terletak di Curup hampir sama. Dengan kopi pada umumnya.

Kopi Gading Cempaka menyediakan kopi gading premium. Arti dari premium ini merupakan sosok Putri Gading Cempaka yang memanipulasi kecantikan dan kecerdasan. Kopi Gading Cempaka ini tersedia dalam dua varian yakni Arabica dan Robusta. Buah kopi membutuhkan proses yang panjang dan tradisi yang dilakukannya secara turun temurun.

Kopi Gading Cempaka berani beda karena melalui proses yang panjang untuk menghasilkan cita rasa yang khas. Dengan adanya quality control sebelum dan sesudah roasting. Hal yang paling utama adalah biji kopi merah dan melakukan 4x sortir untuk mendapatkan biji kopi terbaik.

Kopi Gading Cempaka menyediakan dua produk utama yakni roasted beans dan ground coffee beans dengan harga yang lumayan terjangkau dan pas untuk penikmat kopi.

Langkah - langkah pembuatan Kopi Gading Cempaka

secangkir-kopi-gading-cempaka3
Source: www.kopigadingcempaka.com

  • Petik biji kopi merah yang benar - benar matang.
  • Sortasi pertama yang dilakukan adalah pastikan cherry yang dipetik tidak busuk dan matang
  • Proses penjemuran
  • Pengupasan kulit
  • Sortasi kedua ini memisahkan biji kopi yang hitam atau rusak karena gilingan hingga jadi bersih dan menjadi biji kopi pilihan
  • Sortasi kegita yang dilakukan adalah sebelum roasting pastikan tidak ada biji kopi yang hitam atau rusak
  • Sortasi keempat yang dilakukan adalah setelah roasting, biji kopi yang tampak pucat dan tidak sama dengan bii kopi lainnya lalu diamkan selama 12 - 24 jam untuk membuang gas yang terkandung dalam kopi tersebut
  • Dilanjutkan dengan penggilingan
  • Setelah kopinya halus, diamkan selama 15 - 30 menit untuk menghilangkan gas, kemudian dimasukkan kedalam kemasan


Menikmati Kopi Gading Cempaka diwaktu Senja
Untuk yang gemar minum kopi setiap orang mempunyai cara yang berbeda - beda. Saya sendiri suka sekali yang namanya kopi moccacino dan capuccino dikombinasi dengan es krim rasa vanilla yang menjadikannya ice coffee.
Setelah mencoba Kopi Gading Cempaka hanya ditambahkan gula sedikit dan susu kental manis supaya rasanya lebih enak dan mantap. Lebih enak lagi kalau minum secangkir kopi dengan kue dan biskuit.

Kopi Gading Cempaka telah memberikan 90% keistimewaan kopi. 60% dari kebun kopi, 30% dari proses roasting, 10% nya tergantung dari barista. Setahu saya seorang barista membuat kopi ditempat yang berbeda, ada yang di pantry, dan ada juga yang dibagian penyajian yang memperlihatkan customer cara membuat kopi. Tanpa mengandalkan barista saya menikmati kopi bersama dengan Kopi Gading Cempaka. Kopi ini beda dengan kopi yang ada di kafe tempat anak muda nongkrong atau berkumpul dimalam hari. Dirumah pun saya sudah bisa menikmati kopi bersama keluarga.
Kalau kalian penikmat kopi yuk cobain Kopi Gading Cempaka nya.

Product Pricelist
ROBUSTA PREMIUM 30.000 untuk isi 200 gram
ARABICA PREMIUM 20.000 untuk isi 100 gram
Note: “Untuk harga reseller dan dropshipper bisa menghubungi kontak dibawah.”

Cara pemesanan melalui online dan COD
Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi salah satu kontak atau kunjungi official website nya di:
WhatssApp: 08117321511 / 081995850700
Facebook Fanpage: Kopi Gading Cempaka
Instagram: @kopigadingcempaka 
Twitter: @kopigadingID

COD (Cash On Delivery)
Studio Radio B-One FM Jalan S Parman No 117 Padang Jati Ratu Samban kota Bengkulu

28 comments:

  1. Kopi gading cempaka emang beda kualitasnya ya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba masyarakat yang dari luar Bengkulu juga membeli kopi gading cempaka untuk oleh - oleh dan diberikan sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta

      Delete
  2. minum kopi sambil lihat tutorial makeup kayaknya ok ya zah :)

    ReplyDelete
  3. Kopi ini minuman kesukaanku. Bikin melek mata.... bikin nagih :D

    ReplyDelete
  4. kopi gading cempaka ini emang aromanya wangi banget kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba karena dengan proses yang lama maka kualitas dari kopi sendiri akan berbeda dari kopi yang lain

      Delete
  5. Nikmatnya SEduhan Kopi Gading Cempaka Bengkulu ya mbak. jadi pingin ngopi terus neh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget kak apalagi kalau kerja seharian dan sambil duduk pasti akan merasa jenuh dan gampang bosan. Biasanya aku dijadiin masker dicampur dengan madu

      Delete
  6. wahh,, belum pernah cobain. Jadi penasaran sama rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja mba sekalian ajak keluarga yang mau ngopi

      Delete
  7. Keknya enak nih kopi. Ntar kalau tertarik, pasti segera saya hubungi mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kakak mau pesan kopi sebagai oleh - oleh langsung hubungi kontak yang ada diatas ya kak terima kasih

      Delete
    2. Kalau kakak mau pesan kopi sebagai oleh - oleh langsung hubungi kontak yang ada diatas ya kak terima kasih

      Delete
  8. Duhhhh.. jd pengen nyicipi nih kopi nya..
    D temani tempe goreng anget pasti ciamikkk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus kak minum kopi ditemani dengan cemilan sambil menikmati pemandangan terasa lebih enak

      Delete
  9. Kalo di kirim ke lampung berapa ya kak ongkirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk informasinya dan jika ingin bertanya - tanya kontaknya udah ada diatas kak. Coba dibaca lagi yaa

      Delete
  10. Waw, kopi arabica yah,, klo arabica musti coba dari Curup, asyik dan ngangenin rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur aku sendiri belum pernah mencoba kopi arabica tapi boleh juga dicoba

      Delete
  11. kayaknya enak tuh kopi nya.. ahh mesti dcoba nihh..

    ReplyDelete

Terima kasih yang sudah berkomentar di blog aku. Berkat kalian semua aku menjadi lebih semangat untuk menulis konten. Mohon tidak melakukan komentar negatif, SPAM, SARA, promosi, jualan, dan mengaktifkan link hidup. Jika melakukannya otomatis komentar nya tidak akan saya publish..