Sunday, September 24, 2017

Belajar SEO Bareng Ngopi Cantik 2 Beautiesquad

belajar-seo-bareng-ngopi-cantik-2-beautiesquad

Hello Everyone welcome back to my blog..
Beberapa minggu yang lalu BEAUTIESQUAD mengadakan kelas online yang disebut dengan ngopi cantik dan aku semangat banget untuk mengikuti kegiatan ini. Aku benar - benar nyesal banget kegiatan ini nggak aku ikuti dari awal disebabkan internetnya dimatiin dan alhamdulillah aku bisa baca kembali dan scroll perlahan - lahan dari awal sampai akhir.

Pasti ada beberapa orang yang bertanya kepadaku “apa tujuanku menulis blog?” Jujur kalau pertanyaan ini membuat aku harus berputar otak kembali pertanyaan itu. Dengan adanya kelas online dari BEAUTIESQUAD ini aku semakin semangat menulis blog, awal mula menekuni dunia blogging karena waktu sekolah aku suka menulis diary, berbagi postingan di social media, dan tetanggaku menyarankan untuk membuat blog.

Dipostingan kali ini aku ingin menceritakan pengalamanku mengikuti kegiatan dari salah satu komunitas Beauty Blogger yang dimana akan sangat bermanfaat untuk para Beauty Blogger yang ingin serius didunia perbloggeran. Materi ini akan disampaikan oleh Kak Shintaries salah satu Co Founder dari Blogger Perempuan yang ingin membahas tentang SEO. Bisa dimulai pembahasannya?

Menjadi seorang Beauty Blogger atau Lifestyle Blogger sebenarnya gampang -gampang susah. Pasti beberapa dari kalian menjadi blogger itu gampang dan langsung dapat uang dari blog. Itu sama sekali nggak benar teman - teman. Jadi gini ya menjadi seorang blogger itu nggak mudah dan banyak proses yang harus kalian lewati hingga mencapai tujuan yang ingin kita raih. Banyak cara yang aku lalui hingga aku berfikir untuk fokus nge blog agar apa yang aku tulis ddan share di social media bisa dibaca oleh kalian dan tentunya bermanfaat. Bagaimanapun juga aku harus melewati rintangan yang selalu dianggap remeh oleh semua orang terutama kerabat dekat, dan keluarga yang belum pernah merasakan terhadap apa yang aku rasakan, tetapi aku cuek aja dan tetap fokus nge blog.

Awal aku menulis blog itu aku menentukan niche beauty karena untuk mengaplikasikan SEO udah terkonsep dan jelas. Tapi aku nggak bikin niche khusus, aku tambahkan niche yang lain seperti lifestyle dan personal life juga. Sebenarnya sih google lebih suka kalau hanya menentukan 1 niche aja karena optimasi untuk SEO lebih mudah. Berhubung aku mengikuti lomba blog dan mendatangi event jadi niche nya gado - gado deh. Itu hasilnya seperti apa kalau niche nya campuran?

Bagaimana cara membuat konten yang menarik supaya dapat dibaca oleh banyak orang?
Sebelumnya apakah kalian udah tahu apa itu SEO? Kalau belum tahu lebih baik aku bagi sedikit penjelasan tentang pengertian SEO, dasar - dasar penting, dan tips SEO yang aku dapatkan dari Ngopi Cantik 2 bareng BEAUTIESQUAD. Langsung simak aja penelasannya.

Pengertian SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari adalah sebuah metode atau tools yang digunakan bagaimana tulisan kita diblog agar dapat dioptimasi untuk  dibaca mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud adalah google atau bisa juga yahoo, bing, dan lain sebagainya. SEO akan membuat postingan kita muncul dihalaman 1 google.

Ada 5 hal penting yang harus kita ketahui dalam SEO dan terindeks dihalaman pencarian pertama pada google yaitu Blog Authority, Content, Fast Loading Template, Mobile Site, dan Backlink.

Blog Authority berfungsi untuk mengisi data blog kita sendiri. Tujuan dari Blog Authority ini adalah supaya google dapat memprioritaskan akun blog kita.

Content yang dimaksud adalah bersifat original dan nggak copy paste atau mengambil karya orang lain baik itu tulisan, foto, maupun video.

Fast Loading Template ini penting banget karena google lebih memprioritaskan blog yang loadingnya lebih cepat. Pilih template yang sederhana dan nggak perlu menggunakan bordir yang membuat loading lebih lama.

Mobile Site ini penting juga lho teman - teman karena di era globalisasi udah beralih ke smartphone yang mudah dibawa kemana - mana, biasanya setiap orang pastii lebih nyaman membaca menggunakan mobile access karena lebih mudah dan bisa dibaca dimanapun dan kapanpun kalian ada waktu. Untuk template dan tampilan blog harus mobile responsive atau nggak berat dan nggak membuat loading semakin lama.

Backlink ini ternyata penting juga ya poin pertama yang masuk kedalam penerapan SEO diblog. Semakin banyak backlink maka semakin besar pula posisi dimesin pencari juga semakin tinggi nilai DA (Domain Authority) nya. Menurut Kak Shintaries SEO adalah backlink.

Pasti pada bingung ya kenapa SEO itu penting? Ya sama aku juga bingung dan selama nge blog aku hanya menulis dan masukkan foto / video habis itu selesai. Ternyata ada caranya untuk tulisannya menjadi no 1 di google. Jadi kalau mau blog kalian dikenal dan dibaca oleh banyak orang yang harus diperhatikan adalah SEO. Karena SEO itu penting dan pastinya berpengaruh. Atau bisa juga dengan Blog Walking (BW) itupun memakan waktu yang lama dan membuat mata semakin lelah.

Sedangkan untuk para Beauty Blogger maupun Lifestyle Blogger, SEO itu amat sangat penting. Siapa sih yang nggak mau tulisannya menadi nomor 1 di mesin pencari Google? Semua blogger pasti mau kalau tulisannya dibaca oleh semua orang dan tentunya bermanfaat. Jadi kalau mau seperti ini, kalian mulailah terapkan dan utamakan SEO ini untuk blog kalian ya.

Tips dan Trick SEO dari Kak Shintaries
Kalau menurut Kak Shinta, buatlah blog kalian lebih SEO friendly, kita sebagai pemilik blog yang memiliki konten beauty cara menerapkan SEO untuk Beauty Blogger sangatlah mudah.

Tentukan tema (Niche)
Sebelum kalian menulis tentukan niche blog masing - masing. Sebagai Beauty Blogger pastinya postingan pada blog hanya berisi tentang beauty atau hanya berisi tentang lifestyle. Maka hindari niche yang campur - campur ya, usahakan kalian memegang teguh bahwa postingan kalian hanya fokus untuk beauty aja.

Rajin posting
Kenapa harus posting setiap hari? Jadi menurut Kak Shintaries kalau bisa setiap hari diupdate postingan diblog kalian. Kadang sebagian Beauty Blogger membuat postinan setiap hari sama sekali aku nggak bisa dan membuatku pusing. Coba kalian bayangkan kalau postingan seperti review haircare, skincare, bodycare, tutorial makeup dan D I Y paling cepat bisa seminggu, dua minggu dan sebulan lebih. Karena kita harus tahu before - after dari hasil yang didapat, foto, edit, dan lainnya. Biasanya aku posting seminggu 2 kali atau seminggu sekali.

Kata kunci pada judul (keyword)
Ini penting banget dan wajib untuk penerapannya. Untuk Beauty Blogger ini bisa dibilang cukup mudah, karena keywordnya juga termasuk mudah. Cari kata kunci yang persaingannya nggak terlalu tinggi atau nggak banyak dan cukup dengan reset kata kunci tersebut dengan google adword.

Jumlah kata
Google lebih suka dengan konten yang isinya banyak. Menurut riset, postingan yang terindeks oleh google itu adalah postingan yang mempunyai kisaran 800 - 1000 kata. Kak Shintaries memberi saran 1000 kata tiap posting, tapi untuk konten beauty 800 kata aja udah cukup. Contoh seperti “nama brand foundation” jadi kalian bisa pakai judulnya seperti “tes ketahanan ‘nama brand foundation’ 24 jam”

Gambar
Sebelum posting di blog, jangan lupa buat resize gambar kalian supaya lebih ringan pas muncul diblog nya. Jangan lupa rename gambar kalian dengan keyword postingan kalian. Misalnya “nama brand foundation” rename gambar kalian menjadi nama-brand-foundation.jpg. Kalau ada banyak gambar untuk dipost, tinggal taruh angka dibelakang namanya menjadi nama-brand-foundation-1.jpg dan seterusnya.

Meta Deskripsi
Pasti kalian sering lihat postingan yang muncul di halaman pertama google lalu ada kata - kata yang ditebalkan? Itu namanya meta deskripsi, menurut Kak Shintaries, ini penting banget lho teman - teman. Karena saat orang melihat ringkasan postingan kita dihalaman google yang membuat mereka tertarik untuk membaca postingan kita sampai habis adalah meta deskripsi. Jadi pastikan ringkasan postingan kalian menarik dan tentunya mengandung keyword.

Segitu dulu aja pembahasan dari Ngopi Cantik 2 bersama dengan BEAUTIESQUAD dan Kak Shintaries. Jangan lupa follow www.shintaries.com Kalau kalian ingin mendapatkan ilmu lebih dalam lagi silahkan kunjungi Instagram BEAUTIESQUAD bisa juga gabung dengan Facebook group BEAUTIESQUAD pastikan kalian harus menjadi Beauty Blogger dan memenuhi syarat.

See you on my next posting.. Bye bye

20 comments:

  1. Makasih kak sudah mau berbagi ilmu. Pas banget aku lgi cari2 tahu mengenai SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama mba Mira semoga postingan ini membantu

      Delete
  2. Semangat ngeblog ya kakak. Makasih sharingnya tentang ngeblog & SEO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama mba semoga bisa lebih baik lagi ya setelah belajar SEO dan aku juga masih belajar

      Delete
  3. Keren kak, terima kasih ilmunya. Jangan putus semangat ngeblognya juga haha :D

    ReplyDelete
  4. Oww ya kebetulan bahasnya seo ini,

    Maksimal Jumlah kata yang perlu kita masukan di deskripsi itu berapa ya kak, dan mengenai kata yang di tebalkan di pemcarian itu masuk kata2 yang di deskripsi apa isi konten ?

    Soalnya punya saya kok terbagi2, artikel 1 ada yang menggunakan konten dan artikel 2 ada yang menggunakan kata2 yang di deskripsi


    Salam dari
    Www yukgas id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak untuk beberapa kata meta deskripsi aku belum begitu tahu karena aku juga masih belajar yang ditebalkan kata itu sesuaikan dengan keyword aja kak

      Delete
  5. Kak mau tanya kalau artikel kita sampai di rank 1 google itu kira kira berapa lama yaa ? dan membutuhkan berapa backlink yaa ?

    happy blogging happy writting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memperkirakan artikel di posisi no 1 di google aku belum begitu pasti dan hasilnya pun berbeda - beda kak ada yang 2 minggu dan ada yang berbulan - bulan baru muncul di google jadi harap sabar dan tetap berdoa ya kak.
      Sedangkan backlink di sesuaikan aja sama artikel kakak

      Delete
  6. So happy bacanya, makasi ya kak udah berbagi info!


    xoxo
    ayu

    ReplyDelete
  7. Ulasannya menarik nih. Makasih tipsnya Azizah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba pura sama - sama semoga postingan ini membantu

      Delete
  8. Replies
    1. Iya mba semoga postingan ini membantu. Makasih ya udah mampir ke blog aku

      Delete
  9. Thanks for sharing, kak =D
    PR banget ni buat blogger supaya postingan nya SEO..


    uniqueblogofmei.com

    ReplyDelete

Terima kasih yang sudah berkomentar di blog aku. Berkat kalian semua aku menjadi lebih semangat untuk menulis konten. Mohon tidak melakukan komentar negatif, SPAM, SARA, promosi, jualan, dan mengaktifkan link hidup. Jika melakukannya otomatis komentar nya tidak akan saya publish..